PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2024 DI PROVINSI BANTEN DAN SMAN 1 KOTA SERANG

(Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional, Hardiknas menjadi salah satu hari bersejarah yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun bapak pendidikan di Indonesia, Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Pemerintah pertama kali menetapkan 2 Mei sebagai Hardiknas pada 16 Desember 1959. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur, yang ditandatangani oleh Presiden ke-1 RI Sukarno. 

Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat yang dikenal berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda. Kala itu, hanya anak-anak keturunan Belanda atau orang kaya yang boleh mengenyam bangku pendidikan. 

Kritikan itu menyebabkan dia diasingkan ke Belanda bersama dua rekannya, Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo, yang dikenal sebagai Tiga Serangkai. 

emudian, dia mendirikan sebuah lembaga belajar bernama Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa setelah kembali ke Tanah Air. Berkat kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, Ki Hajar Dewantara ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan setelah kemerdekaan diraih Indonesia. 

Ki Hajar Dewantara yang lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889 mengenyam pendidikan dasar di STOVIA, tetapi tidak tamat karena sakit. Pada akhirnya, dia bekerja sebagai seorang jurnalis di beberapa media surat kabar, seperti De Express, Kaum Muda, dan Utusan Hindia. 

Dia mempunyai tiga semboyan dalam bahasa Jawa yang diterapkannya dalam sistem pendidikan. Pertama, ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pengajar harus memberi teladan atau contoh yang baik), lalu ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, pendidik harus menciptakan ide dan prakarsa), serta tut wuri handayani (dari belakang, guru harus mampu memberikan dorongan dan arahan). 

Di SMAN 1 Kota Serang peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 alhamdulilah berjalan lancar dan khidmat. Semua antusias guru, staf tata usaha dan siswa-siswi dalam pelaksanaan upacara. Di samping itu kegiatan upacara pun di laksanakan di kantor Gubernur Banten Perwakilan Guru dan siswa SMAN 1 Kota Serang sebagian mengikuti di kantor Gubernur Banten dalam Peringatan Hari Pendidikan BNasional 2024. pada kesempatan ini para peserta upacara Pendidik dan tenaga pendidik dan para pejabat di Pemprov banten baik yang upacara di Sekolah maupun di kantor Gubernur Banten menggunakan pakaian ada baduy yang menjadi budaya kebanggaan masyarakat Banten.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Tanya Captain Disini ... Available from 08:00 to 15:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday